Jumat, 27 November 2009

Mau Daging Kurban??, Celup Dulu..

Hari ini mengingatkan kita pada Nabi Ibrahim. Dimana pada saat itu, Ibrahim di suruh menyemblih anaknya oleh Allah. Sebagai utusan Allah, Ibrahim menurut apa yang diperintahkan Allah. Tapi Allah punya cara lain untuk menghargai usaha Ibrahim tersebut. Allah mendatangkan domba untuk disemblih pengganti anak beliau.

Hari ini kita akan menyaksikan penyemblihan hewan kurban dimana-dimana. Dan kita mendapat sedikit dari hasil penyemblihan tersebut. Hal itu dilakukan dalam rangka bersyukur kepada Alla terhadap apa yang sudah Allah berikan selama ini bagi mereka yang berkurban.

Dari sekian banyak cara pembagian hewan kurban, yang menarik perhatian saya adalah cara pembagian hewan kurban yang akan dilakukan di Mesjid Istiqlal di Jakarta. Panitia kurban di Mesjid Istiqlal tersebut membuat sebuah aturan dalam tatacara pengambilan hewan kurban. Panitia menerapkan sistem pencelupan jari ke dalam tinta bagi mereka-mereka yang sudah mengambil hewan kurban. Peraturan sama dengan saat proses pemilihan umum. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan adanya satu keluarga mengambil pambagian hewan kurban sebanyak dua kali.

Tidak ada komentar: